Tips Merombak Kamar Mandi Untuk Orang Tua Lansia

1 min read

Tips Merombak Kamar Mandi Untuk Orang Tua Lansia

Ini adalah tren yang berkembang pesat dan bukan rahasia lagi bahwa semakin banyak manula yang memilih untuk tinggal di rumah daripada pindah ke fasilitas panti jompo atau panti jompo. Para senior yang membuat keputusan ini sering melakukannya untuk menjaga kemandirian dan martabat mereka.

Saat merenovasi kamar mandi lansia, penting untuk membuat perubahan yang memungkinkan mereka bergerak bebas di kamar mandi tanpa risiko terpeleset atau jatuh. Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus melihat berbagai pilihan, mulai dari bak mandi hingga pancuran, pegangan tangan, pencahayaan, dan banyak lagi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 235.000 orang mencari bantuan medis untuk cedera kamar mandi setiap tahun. Hal terpenting saat mengonversi kumpulan warga senior adalah keamanannya.

Berikut adalah beberapa ide yang perlu dipertimbangkan ketika merombak kamar mandi yang dirancang khusus untuk manula yang sudah lanjut usia.

1. Bathtub / Shower

Bathtub walk-in adalah salah satu bathtub terbaik untuk manula karena banyak fitur keamanannya. Sebagian besar bak mandi memiliki palang pengaman / pagar, tempat duduk, dan lantai anti selip. Semua bak mandi berjalan lebih rendah dari lantai, yang membuat masuk dan keluar bak mandi menjadi mudah dan membutuhkan sedikit usaha fisik. Jelajahi berbagai opsi bak untuk penawaran terbaik dan fitur terbanyak. Beberapa bak mandi mungkin tidak memiliki fitur lain seperti kepala pancuran tetap, pancuran genggam dengan pengaturan yang dapat disesuaikan, atau jet pusaran air (untuk relaksasi). Saat membeli bak mandi atau pancuran, pertimbangkan karakteristik ini sebelum membeli bak mandi.

2. Closet

Pasang toilet ramah lansia (biasanya disebut sebagai toilet setinggi kursi) yang memberikan kebebasan kepada manula untuk menaikkan dan menurunkan berat badan mereka dengan sedikit usaha. Kursi pengangkat khusus juga tersedia untuk membantu mengangkat dan menurunkan seseorang.

3. Lantai anti selip

Jika anggaran Anda terbatas, permadani mandi berkarpet atau keset kamar mandi anti selip adalah cara yang bagus untuk mencegah barang tergelincir. Keset kamar mandi lebih murah daripada penggantian lantai, yang menjadikannya pilihan yang jelas untuk uang dolar.

4. Penyesuaian ketinggian

Penyesuaian kecil seperti menurunkan wastafel atau toilet dapat sangat meningkatkan kenyamanan lansia di kamar mandi mereka. Ingat, jika manula menggunakan kursi roda, pastikan ada cukup ruang lutut bagi mereka untuk pergi dan keluar dari wastafel dengan nyaman.

5. Berikan keamanan ekstra

Tambahkan pegangan di seluruh kamar mandi di tempat yang paling membutuhkannya. Tempatkan pegangan di samping toilet, bak mandi, atau pancuran. Pada dasarnya, Anda harus memasang pegangan tangan di mana pun seorang senior mungkin memerlukan daya ungkit ekstra untuk menarik dirinya ke atas. Fitur menarik lainnya yang bisa sangat berguna bagi manula adalah saluran telepon atau sistem alarm kamar mandi untuk berjaga-jaga. Memiliki sumber daya yang tersedia untuk memanggil orang untuk meminta bantuan bila diperlukan dapat mencegah cedera serius di kamar mandi.

6. Perbanyak pencahayaan 

Lansia biasanya mengalami gangguan penglihatan, jadi mengganti perlengkapan pencahayaan akan menghilangkan bayangan dan mencegah benturan dan memar yang tidak perlu. Ide bagus lainnya untuk mencerahkan kamar mandi adalah cermin rias.

Sekarang setelah Anda memiliki beberapa ide tentang cara memulai di kamar mandi, pertimbangkan opsi lain yang mungkin Anda perlukan di seluruh rumah, seperti: B. pintu melebar atau landai kursi roda. Meskipun sebagian besar kecelakaan terjadi di kamar mandi, Anda juga harus mengubah aksesibilitas di bagian rumah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *