Tips dan Cara Mendesain Ruangan Kamar Tidur Anda

6 min read

Tips dan Cara Mendesain Ruangan Kamar Tidur Anda

Mungkin Anda baru saja pindah ke rumah atau apartemen baru dan ingin mencari tahu bagaimana membuat kamar tidur Anda terlihat bagus, atau mungkin Anda akhirnya bersiap-siap untuk mendesain ulang kamar tidur Anda yang berantakan dan berantakan. Apa pun alasannya, kamar tidur Anda adalah salah satu ruangan di rumah Anda yang kemungkinan besar akan Anda habiskan banyak waktu, jadi Anda ingin memastikan bahwa itu adalah ruang yang ramah dan dirancang dengan baik di mana Anda dapat tidur dan merasa nyaman. nyaman Bersantai.

Mentukan Tata Letak

Jika perlu, keluarkan semuanya dari ruangan. Sebaiknya mulai dengan palet yang bersih, jadi pekerjakan beberapa teman dan bayar mereka dengan pizza sehingga Anda dapat merapikan kamar tidur saat mendesain ulang ruangan.Jika kamar Anda sudah lama tidak terlihat kemoceng atau sapu, bersihkan dengan saksama agar Anda bisa merasakan ruangan dengan jelas.
Jika Anda tidak ingin membersihkan semuanya dari ruangan, singkirkan semuanya dari dinding dan letakkan semua perabotan di tengah ruangan.Pikirkan tentang sirkulasi ruangan. Itu berarti memikirkan bagaimana seseorang berjalan atau bergerak di sekitar ruangan. Dapatkan rasa jalan bagi seseorang yang berjalan di sekitar ruangan. Tujuannya adalah untuk membuat akses ke area kamar mandi dan lemari semudah mungkin sambil tetap memiliki cukup ruang untuk berjalan-jalan di kedua sisi tempat tidur Anda.


Pikirkan tentang bagaimana Anda dan / atau pasangan Anda akan mengakses lemari dan kamar mandi. Jika Anda suka bangun pagi tetapi pasangan tidak, Anda mungkin ingin mempermudah Anda pergi ke kamar mandi dalam gelap atau mengakses lemari di sisi tempat tidur Anda. Pastikan Anda dapat membuka dan menutup pintu lemari serta laci Anda. Pastikan Anda bisa berdiri di depan laci Anda saat laci terbuka sehingga Anda bisa mendapatkan barang-barang Anda saat dibutuhkan. Tergantung pada ukuran dan tata letak kamar tidur Anda dan kebutuhan penghuninya, cobalah untuk menggunakan sirkulasi sederhana atau sirkulasi berdasarkan pintu masuk di satu sisi ruangan. Sebagian besar hotel memiliki denah lantai akses sederhana yang memungkinkan denah lantai fungsional terbuka untuk alasan yang baik. Untuk kamar tidur en-suite (di mana kamar mandi terhubung dengan kamar tidur) atau kamar tidur dengan pintu di luar, rencana sirkulasi menjadi sedikit lebih menuntut. Anda perlu fokus untuk menciptakan ruang rapi yang mudah dipindahkan jika kamar tidur Anda memiliki salah satu dari tata letak ini. Setiap kali Anda mendesain ulang kamar tidur Anda dari awal di rumah baru, berhati-hatilah dengan di mana Anda meletakkan kamar mandi dan lemari di kamar tidur Anda. Kamar dengan akses kamar mandi atau lemari di depan area tidur membutuhkan lorong yang lebih panjang. Tetapi jika Anda mengatur sirkulasi sehingga kamar mandi dan lemari dapat diakses melalui area tidur, Anda tidak memerlukan lorong terpisah dan Anda menghemat ruang.

Pikirkan tentang di mana jendela di dalam ruangan atau pemandangannya. Kamar tidur sering kali terasa lebih santai dan mengundang ketika Anda pertama kali merasakan pemandangan luar jendela yang menyenangkan daripada melihat langsung ke tempat tidur. Cobalah untuk menemukan tata letak yang menghadirkan jendela besar dengan pemandangan indah dan tidak menutupi atau menghalangi jendela yang lebih kecil karena ini adalah sumber cahaya alami yang baik yang dapat menambah kehangatan pada ruangan.
Ingat, Anda selalu dapat menambahkan desain penghalang cahaya seperti gorden panjang atau kerai untuk membiarkan cahaya masuk di siang hari dan menjaga privasi Anda di malam hari. Jika Anda harus meletakkan tempat tidur di depan jendela, pilih headboard rendah yang tidak menghalangi cahaya alami melalui jendela

Mengukur ruang. Setelah Anda memiliki gambaran kasar tentang bagaimana Anda ingin bergerak di sekitar ruangan, keluarkan pita pengukur Anda dan tuliskan panjang dan lebar seluruh ruangan. Fokus pada ruang antara jendela dan pintu, serta lemari dan kamar mandi. Ini akan membantu Anda menentukan ukuran tempat tidur, nakas, dan furnitur aksen lainnya yang akan Anda beli untuk ruangan tersebut. Jika Anda menggunakan furnitur yang sudah Anda miliki, mengukur ruang dapat membantu Anda menentukan apakah semua furnitur yang ada akan sesuai dengan tata letak yang Anda pilih dan / atau jika Anda perlu menyingkirkan beberapa furnitur Anda.
Dimensi ini juga memastikan bahwa Anda memiliki ruang yang cukup di antara furnitur Anda untuk dapat bergerak dengan mudah di dalam ruangan.

Menggambar tata letak. Dengan melakukan tata letak pada selembar kertas sebelum memindahkan semua furnitur Anda, Anda dapat mengubah atau menyesuaikan tata letak tanpa harus membawa di sekitar tempat tidur atau meja ujung. Ini juga berguna untuk menentukan apakah Anda ingin menyimpan semua furnitur yang ada atau menghapus item yang tidak sesuai dengan tata letak. Sebagai alternatif untuk menggambar tata letak Anda, Anda dapat menempelkan selotip di lantai untuk menandai ke mana arah furnitur Anda. Tempelkan selotip pelukis ke lantai dalam bentuk furnitur Anda. Ingat, jika Anda memutuskan untuk mengecat dinding, Anda tidak ingin memindahkan semua perabotan keluar ruangan. Jadi jangan ragu untuk membawa furnitur Anda kembali ke kamar Anda sampai Anda menyelesaikan tata letak dan skema warna untuk ruangan tersebut.

Putuskan ke mana Anda ingin tempat tidur Anda. Tempat tidur Anda adalah bagian terpenting dari furnitur di kamar tidur Anda. Jadi saat Anda menentukan di mana akan meletakkannya di dalam ruangan, Anda bisa memutuskan di mana akan meletakkan potongan aksen lainnya. Memikirkan lagi tentang sirkuit, Anda memiliki dua opsi utama untuk penempatan tempat tidur Anda: Di dinding di seberang pintu kamar tidur Anda. Ini menciptakan pemandangan yang bagus ketika Anda memasuki ruangan karena tempat tidur tidak menghalangi jendela dan ada sirkulasi terbuka yang sangat mudah ke kamar. Sepanjang dinding terpanjang di ruangan itu. Sebagian besar kamar tidur memiliki panjang dinding yang tidak terganggu oleh jendela dan pintu. Tata letak ini memberi Anda banyak ruang untuk menempatkan nakas di kedua sisi tempat tidur.
Jika Anda perlu menggeser sisi tempat tidur ke dinding, Anda dapat meletakkan bantal dan melempar bantal di sepanjang dinding untuk menciptakan tampilan sofa daybed. Ini dapat menambahkan lebih banyak gaya ke ruang Anda.

Memilih Skema Warna Cat Ruangan

Pilih warna “jangkar”. Ini adalah warna yang kemudian Anda sorot, menonjolkan atau melengkapi dengan nuansa lain. Warna “jangkar” Anda akan menjadi warna yang paling mencolok di ruangan dan akan menentukan keseluruhan nuansa atau nada. Jadi putuskan apakah Anda ingin menciptakan lingkungan yang lebih menenangkan dengan warna jangkar netral seperti putih pudar atau abu-abu muda, atau jika Anda ingin menciptakan suasana yang hidup dengan warna jangkar terang yang berani seperti pirus atau oranye.Tentu saja. , Anda hanya dapat memilih warna favorit Anda sekaligus memilih!

Jika Anda tidak memiliki warna pilihan untuk kamar tidur Anda, gunakan skema warna yang sama dengan yang Anda gunakan untuk sisa rumah Anda. Ini berkontribusi pada tampilan yang mulus di rumah Anda. Jika skema warnanya netral, Anda bisa menambahkan sedikit warna pada aksesori atau bantal Anda.
Ingatlah bahwa bahkan dengan warna jangkar yang lebih netral, Anda dapat menambahkan warna cerah dan berani ke ruangan dengan aksesori seperti bantal, sprei, dan barang-barang dekoratif yang lebih kecil.
Anda juga dapat memilih warna jangkar berdasarkan tema, mis. B. bahari, provinsi Perancis atau California chic.
Untuk ide skema warna yang memungkinkan, kunjungi situs web online yang menampilkan berbagai desain kamar tidur.

Pilih dari dua warna yang saling melengkapi. Meskipun Anda mungkin memutuskan untuk menambahkan lebih banyak warna pelengkap, yang terbaik adalah memulai dengan dua warna agar ruangan tidak dibanjiri warna. Gunakan warna jangkar Anda sebagai referensi untuk dua warna. Jika Anda menggunakan warna jangkar yang lebih netral, Anda bisa memilih warna dingin seperti biru dan hijau, atau warna hangat seperti merah dan kuning. Jika Anda menggunakan warna jangkar yang lebih berani, Anda bisa memilih warna netral seperti abu-abu atau putih, atau Anda bisa memilih warna yang sangat terang seperti aprikot atau pirus.
Konsultasikan dengan roda warna untuk petunjuk tentang kemungkinan warna untuk warna jangkar Anda. Jika ragu, cari di internet untuk mencari contoh untuk memberi Anda beberapa ide.
Ada beberapa cara untuk memadupadankan rona dengan rona, corak, dan nada.

Putuskan apakah Anda ingin mengecat dinding ruangan. Sekarang setelah Anda memilih skema warna Anda, pertimbangkan untuk mengecat dinding dengan warna jangkar atau membuat pernyataan dengan mengecat satu dinding saja.

Melengkapi Ruangan Dengan Perabotan

Pindahkan furnitur Anda di sekitar ruangan. Setelah tata letak selesai, skema warna selesai, dan cat sudah kering, hubungi teman yang membantu Anda membersihkannya dan suap lagi dengan pizza agar Anda bisa memindahkan perabotan Anda kembali. Tetap pada tata letak Anda dan atur furnitur sesuai dengan itu. Jika Anda memiliki pengukuran yang benar dan memperhitungkan sirkulasi ruangan dengan benar, Anda harus memiliki denah lantai yang terdistribusi dengan baik dan mudah diakses untuk ruangan tersebut.
Jika Anda tidak menyukai tampilan baru Anda, jangan putus asa! Anda selalu dapat memindahkan barang.

Atur pencahayaan di dalam ruangan. Pertimbangkan pencahayaan yang sudah Anda miliki di ruangan, mis. Misalnya, lampu langit-langit atau lampu yang dipasang di dinding, dan putuskan apakah akan memperbarui lampu yang ada dengan lampu baru, atau menambahkan lampu lantai atau lampu meja untuk membuat ruangan berbeda dari sumber cahaya. Lampu langit-langit memberikan cakupan yang merata ke seluruh ruangan dan seringkali memberikan sebagian besar cahaya untuk ruangan. Anda juga dapat mengatur kecerahan atau kegelapan lampu langit-langit dengan lampu dimmer. Lampu langit-langit bisa menjadi hiasan yang bagus untuk kamar tidur, terutama dengan skema warna yang lebih netral.
Lampu lantai sangat bagus untuk menerangi ruangan tertentu dan menambah kesan lebih intim pada ruangan, terutama bila diletakkan di samping tempat tidur atau di sudut ruangan.
Lampu meja juga bagus untuk menerangi area ruangan tertentu, misalnya pada meja samping tempat tidur atau meja. Mereka juga bagus untuk membaca dan bekerja, terutama di malam hari, karena lampu meja tidak terlalu terang untuk mengganggu ritme tidur alami tubuh Anda dan tidak akan membuat teman tidur Anda tetap terjaga.

Pilih tempat tidur Anda. Tempat tidur memainkan peran penting di kamar tidur Anda karena tempat tidur Anda cenderung menjadi titik fokus ruangan. Pada seprai atau selimut, temukan pola atau desain yang sesuai dengan skema warna ruangan. Tentunya Anda juga ingin tempat tidur Anda nyaman dan santai. Jadi, carilah seprai, bantal, guling, dan bantal aksen berkualitas baik untuk menjadikan tempat tidur Anda tempat yang layak untuk bersantai.
Juga, ingatlah untuk menyertakan karpet aksen untuk menambah rasa kenyamanan ekstra pada ruangan.

Lengkapi ruangan. Jadikan kamar tidur Anda sebagai ruang pribadi dan intim dengan menambahkan barang-barang pribadi dan kenang-kenangan. Hindari ruangan yang membosankan dengan menambahkan detail yang menunjukkan selera gaya Anda. Gantung seni dinding yang Anda sukai, sediakan ruang di meja atau meja untuk buku-buku yang Anda sukai, dan tambahkan sentuhan alam dengan sederet tanaman pot atau sukulen di meja rias Anda.

Tingkatkan dan ubah ruangan seiring waktu. Jangan merasa tertekan untuk membuat ruangan terlihat selengkap mungkin. Seperti yang lainnya, ruang kemungkinan akan berkembang seiring waktu saat Anda menambahkan atau menghapus perabot atau aksesori tertentu. Desain yang baik biasanya membutuhkan waktu untuk diketahui dan mungkin membutuhkan penyempurnaan. Jadi luangkan waktu Anda, jangan terburu-buru dan bersenang-senanglah mendesain kamar tidur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *