Tips Mendesain Kamar Tidur Yang Nyaman

3 min read

Tips Mendesain Kamar Tidur Yang Nyaman

Pengaturan kamar tidur Anda sangat penting untuk tidur malam yang merata. Menciptakan lingkungan kamar tidur yang kondusif untuk tertidur dan tetap tertidur adalah bagian penting dari kebersihan tidur yang dapat memberikan istirahat yang baik malam demi malam.

Menciptakan suasana santai untuk tidur melibatkan desain visual dan perabotan praktis, termasuk pencahayaan, suara, dan bau. Mempertimbangkan elemen-elemen lingkungan tidur Anda ini dapat membantu Anda mendesain kamar tidur ideal Anda untuk tidur yang optimal.

Desain visual kamar tidur Anda

Desain interior adalah konsep yang luas, tetapi komponen inti menentukan penampilan rumah Anda. Anda dapat mengembangkan desain kamar untuk kamar tidur Anda yang tidak hanya mencerminkan gaya pribadi Anda, tetapi juga mendorong istirahat yang merangsang tidur.

Ciptakan warna car yang hangat dan menarik di kamar tidur

Dinding, lantai, furnitur, dan tempat tidur Anda semuanya berperan dalam skema warna kamar tidur Anda. Penting untuk menekankan warna yang membuat Anda nyaman sebelum tidur. Bagi kebanyakan orang, ini adalah warna yang lebih lembut dan lebih hangat, tetapi Anda dapat memilih warna yang paling Anda sukai.

Untuk penyewa atau mereka yang memiliki anggaran terbatas, mungkin tidak mungkin untuk sepenuhnya mendesain ulang skema warna di kamar tidur Anda. Namun, Anda dapat secara kreatif menonjolkan warna tertentu dengan tempat tidur, permadani, atau seni dinding yang ditempatkan dengan baik.

Buat Tata letak kamar tidur yang menarik

Tidak peduli berapa meter persegi Anda harus bekerja, Anda ingin menghindari perasaan sempit di kamar tidur Anda. Pertama, pilih ukuran kasur yang pas tanpa terlalu ketat. Penggunaan ruang vertikal atau penyimpanan di bawah tempat tidur dapat memaksimalkan bahkan kamar tidur kecil, membebaskan ruang lantai yang dapat digunakan untuk perabotan praktis seperti meja samping tempat tidur atau memberi kesan lebih lapang pada ruangan.

Saat mendesain kamar tidur Anda, cobalah untuk membuat setiap tindakan yang Anda lakukan di sana bebas dari rasa frustrasi. Misalnya, Anda dapat mengatur laci dengan lebih baik untuk bersiap-siap di pagi hari, dan memiliki jalur yang jelas dari tempat tidur ke kamar mandi dapat menghindari bahaya tersandung ketika Anda harus pergi ke kamar mandi dalam gelap. Merancang kamar tidur bebas stres membantu memberikan aura kenyamanan dan relaksasi.

Ciptakan chemistry di kamar tidur

Kamar tidur Anda harus mengundang, tempat di mana Anda dapat bersantai dan merasa seperti di rumah. Cara terbaik untuk menumbuhkan perasaan ini sangat pribadi. Pilihannya termasuk foto teman dekat dan keluarga, barang berharga yang mengingatkan Anda akan kenangan favorit, atau seni atau poster yang bermakna di dinding. Sentuhan pribadi itu tidak harus mewah atau mahal; Sebaliknya, mereka hanya perlu berarti bagi Anda.

Selain desain visual, perabotan praktis kamar tidur Anda juga dapat berdampak langsung pada seberapa baik Anda tidur. Secara umum, tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mengubah lingkungan tidur Anda menjadi benteng relaksasi fisik dan mental, dengan sesedikit mungkin gangguan atau gangguan tidur potensial.

Buatlah pencahayaan yang baik di kamar tidur

Cahaya adalah sinyal terkuat dari ritme sirkadian Anda, bagian dari jam biologis Anda yang membantu mengatur tidur. Saat tiba waktunya untuk tidur, Anda pasti ingin mencoba dan membuat kamar tidur Anda seterang mungkin untuk memperkuat ritme sirkadian yang sehat.

Tirai anti tembus pandang dapat membantu jika ruangan Anda mendapat banyak cahaya dari luar. Pencahayaan, termasuk lampu samping tempat tidur, tidak boleh terlalu terang. Pencahayaan dengan suhu warna dan pencahayaan yang rendah dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk dan tertidur.

Aspek penting lainnya dalam mengendalikan paparan cahaya Anda adalah meminimalkan atau menghilangkan penggunaan perangkat elektronik, termasuk tablet dan ponsel, di kamar tidur Anda. Menonton TV di kamar tidur sebelum tidur berdampak negatif pada kualitas tidur Anda. Waktu layar membuat mata Anda terkena cahaya biru, yang dapat mengganggu ritme sirkadian Anda, dan juga dapat mengaktifkan pikiran Anda, sehingga lebih sulit untuk tidur. Jika Anda perlu menyimpan perangkat di kamar tidur Anda, coba jauhkan dari jangkauan tangan Anda dan hindari selama satu jam atau lebih sebelum tidur.

Buat sirkulasi udara yang baik di kamar tidur

Ini mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mengatur kamar tidur Anda, tetapi kualitas udara penting untuk kesehatan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa ventilasi dan udara segar terkait dengan tidur yang lebih baik, dan masalah seperti pertumbuhan jamur telah dikaitkan dengan insomnia dan kantuk di siang hari yang berlebihan.

Memastikan ventilasi yang memadai dan menghindari kelembaban yang berlebihan dapat menangkal pertumbuhan jamur, dan pembersihan rutin dapat secara drastis mengurangi jumlah tungau debu. Jika Anda memiliki masalah alergi, Anda dapat meminta rekomendasi dokter untuk mengurangi alergen dan/atau menggunakan alas tidur hipoalergenik atau pembersih udara.

Beli Kasur dan tempat tidur yang paling nyaman

Tempat tidur Anda, tentu saja, merupakan pusat dari lingkungan kamar tidur. Kasur Anda harus dibuat dengan baik dan nyaman agar sesuai dengan preferensi kekencangan pribadi Anda. Itu juga harus mendukung dan memberikan bantuan titik tekanan yang memadai berdasarkan berat badan dan posisi tidur Anda.

Kasur baru dapat menjadi investasi yang signifikan, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kasur dapat meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan stres dan sakit punggung. Tidak mengherankan, dalam survei kamar tidur 2010, National Sleep Foundation menemukan bahwa 93% orang mengatakan kasur yang nyaman penting untuk tidur malam yang nyenyak.

Selain kasur Anda, bantal, seprai, dan selimut Anda juga berperan penting dalam membuat tempat tidur Anda nyaman dan mengundang. Bantal dapat membantu mencegah nyeri leher dengan menjaga kepala dan tulang belakang Anda sejajar dengan benar, dan tempat tidur Anda dapat menciptakan rasa lembut dan nyaman sekaligus membantu mengatur suhu tubuh Anda. Mencuci tempat tidur Anda secara teratur akan membuat tempat tidur Anda terasa segar dan mengurangi kemungkinan penumpukan debu dan alergen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *