Tips Pencahayaan Pada Kamar Tidur Modern

6 min read

Tips Pencahayaan Pada Kamar Tidur Modern

Dari semua ruangan di rumah Anda, kamar tidur Anda mungkin satu-satunya tempat Anda berada saat semuanya gelap, terang, dan di antaranya. Oleh karena itu, desain pencahayaan yang tepat untuk kamar tidur Anda sangat penting untuk menjadikannya tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan kepala Anda di malam hari, bangun dan bersinar setiap pagi dan menghabiskan hari Anda.

Kami telah menyusun panduan pencahayaan kamar tidur ini untuk mengajari Anda cara menerangi kamar tidur dengan benar. Bagian pertama mencakup tip pencahayaan kamar tidur dasar dan cara melapisi lampu Anda dengan pencahayaan ambient, aksen, dan tugas. Kami juga akan memilih bola lampu yang tepat untuk kamar tidur Anda sehingga kecerahan dan warnanya cocok dengan kamar tidur Anda dengan sempurna.

Bagian kedua dari panduan kami untuk pencahayaan kamar tidur adalah Q&A dengan desainer interior yang berbasis di Los Angeles, Jamie Bush, yang dikenal karena kemampuannya untuk memadukan dekorasi historis dan kontemporer dan berbagi rahasianya untuk kamar tidur modern yang terang, fungsional, dan tenang.

Panduan Pencahayaan Kamar Tidur: Dasar-dasar Lapiskan pencahayaan di kamar tidur Anda

Mengetahui cara melapisi pencahayaan Anda adalah kunci untuk menciptakan pencahayaan terbaik untuk kamar tidur Anda. Ini berarti menemukan keseimbangan yang tepat antara pencahayaan sekitar, tugas, dan aksen. Dengan menciptakan keseimbangan ini, Anda dapat menggunakan sakelar untuk menciptakan pencahayaan untuk setiap suasana hati dan aktivitas.

Pencahayaan sekitar kamar tidur

Dari umum ke khusus, Anda harus melapisi jenis pencahayaan berdasarkan apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan di kamar tidur Anda secara teratur. Pertama, mulailah membangun fondasi pencahayaan Anda dengan pencahayaan sekitar atau pencahayaan umum. Pencahayaan ambient yang tepat mencakup pencahayaan alami melalui jendela besar atau skylight, atau pencahayaan buatan; apa pun yang memberikan pencahayaan layak yang memungkinkan Anda melakukan pekerjaan umum seperti membersihkan, melipat pakaian, atau merapikan tempat tidur.

Dalam hal pencahayaan buatan, cahaya sekitar paling baik dicapai dengan lampu langit-langit (seperti lampu langit-langit, lampu gantung, lampu gantung, dll.) atau lampu portabel seperti lampu lantai. Kedua jenis pencahayaan ini memberikan pencahayaan yang cukup untuk aktivitas yang tidak memerlukan cahaya terang yang terfokus.

Pencahayaan tempat kerja

Jika Anda mengantisipasi aktivitas yang memerlukan sedikit lebih banyak fokus, seperti membaca, bekerja, atau merias wajah, pertimbangkan untuk melapisi pencahayaan umum Anda dengan lampu tugas. Pencahayaan kerja terfokus tidak harus terbatas pada lampu meja konvensional. Pertimbangkan lampu samping tempat tidur, lampu gantung rendah di kedua sisi tempat tidur, sconce, lampu tugas yang dipasang di dinding di kedua sisi kepala tempat tidur, atau pencahayaan terarah lainnya di atas.

Dalam pengertian ini, lampu kerja di kamar tidur pada dasarnya dapat mengambil bentuk apa pun, asalkan memberikan cahaya yang cukup untuk konsentrasi yang berkelanjutan. Terlepas dari desain dan posisinya, fungsi lampu tugas juga terletak pada bola lampunya (lebih lanjut nanti).

Pilih Aksen Pencahayaan 

Pencahayaan aksen biasanya dirancang untuk menarik perhatian dan menonjolkan fitur – seperti karya seni – dalam ruang tertentu. Untuk kamar tidur, pencahayaan aksen bisa menjadi versi pencahayaan ambient yang tenang, yang menyebarkan cahaya yang menyenangkan dan menciptakan suasana yang nyaman. Penggunaan lampu tersembunyi di kamar tidur, lampu dinding, lampu strip atau konversi kreatif lampu lainnya adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan fungsi ini ke dalam desain pencahayaan kamar tidur Anda.

Lampu dim

Menurut Leah Harmatz, pemilik dan perancang Field Theory, “Pencahayaan / peredup yang tepat penting karena ketika hanya ada satu sumber cahaya terang, sulit untuk masuk ke mode tidur santai. Dengan lampu samping tempat tidur atau lampu dinding Anda bisa tertidur lebih lambat atau bangun lebih lambat.”

Saat melapisi pencahayaan kamar tidur Anda, dimmer memainkan peran penting dalam desain desain yang lebih besar. Dengan dimmer, Anda tidak hanya dapat menambahkan dimensi ekstra ke lingkungan ruangan, tetapi juga multifungsi. Dari pencahayaan redup hingga kecerahan penuh, peredup dapat memenuhi berbagai kebutuhan pencahayaan. Pada kecerahan maksimum, peredup ini cocok untuk penerangan umum, sedangkan pada pengaturan yang lebih rendah, fungsi ini memungkinkan pengaturan suasana hati. Karena peredup mudah dipasang (selama jenis lampu memungkinkan), setiap luminer dapat memiliki fungsi multiguna.

Memilih lampu pijar kecerahan yang tepat

Saat melapisi pencahayaan kamar tidur Anda, penting juga untuk mempertimbangkan jenis bola lampu yang akan Anda gunakan untuk setiap lampu. Bergantung pada iluminasi bola lampu dan warna yang dipancarkannya, bola lampu berpotensi memengaruhi fungsi Anda secara positif atau negatif selama dan setelah aktivitas tertentu. Tetapi sebelum Anda pergi mencari bola lampu tua, Anda harus mencari tahu kecerahan atau lumen pilihan Anda. Sementara lumen yang direkomendasikan untuk kamar tidur adalah antara 2.000 dan 4.000, ini adalah keputusan subjektif yang berubah tergantung pada suasana yang diinginkan untuk kamar tidur Anda.

Setelah Anda memutuskan output lumen maksimum bola lampu, Anda perlu mempertimbangkan apakah jenis bola lampu yang Anda inginkan dapat diredupkan. Lampu neon kompak (atau lampu neon kompak) sulit dikendalikan dengan peredup standar, seperti juga beberapa LED tegangan rendah. Dalam kasus ini, dimmer khusus diperlukan untuk kontrol yang mulus, bebas kedip, dan bebas dengung.

Warna Cahaya

Warna cahaya berperan penting dalam menunjang aktivitas tertentu. Pertama, pikirkan tentang jenis bola lampu: lampu pijar / halogen biasanya memancarkan cahaya putih lembut, lampu neon kompak cenderung menyebarkan banyak warna biru (walaupun mereka berkembang untuk mencakup rentang warna yang lebih luas), sedangkan LED dapat menjalankan skala suhu.

Karena warna cahaya putih dan biru telah terbukti menarik perhatian, pencahayaan dengan warna seperti itu paling baik digunakan dengan pencahayaan tugas atau terarah untuk membantu aktivitas terfokus. Karena lampu biru dan putih meningkatkan kewaspadaan dan kemudian menekan produksi melatonin (atau hormon pemicu tidur), mereka tidak ideal jika Anda ingin beristirahat dan bersantai setelah hari yang panjang di kamar tidur. Di sisi lain, pencahayaan yang menyebarkan warna-warna hangat (seperti kuning) tidak mengganggu produksi melatonin. Oleh karena itu, lampu yang lebih hangat paling cocok untuk aktivitas kamar tidur seperti membaca, menonton TV, atau hanya bersantai.

Seiring berkembangnya fungsi kamar tidur, diperlukan pencahayaan yang tepat untuk mendukung fungsi tersebut. Koordinasi yang tepat antara lapisan pencahayaan yang sesuai, peredup dan lampu yang sesuai adalah cara pasti untuk menciptakan situasi pencahayaan yang menyenangkan di kamar tidur Anda. Jadi berkreasilah dan pilih lampu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan skema pencahayaan kamar tidur yang tepat yang Anda inginkan di sini.

Kiat ahli pencahayaan kamar tidur dengan desainer interior Jamie Bush

Bagaimana Anda mengembangkan rencana pencahayaan kamar tidur modern?

Kita mulai dengan denah lantai furnitur dan mengukur semuanya sampai ke colokannya. Jika ada seni di dinding, kami memasang lampu sorot langit-langit, menempatkan dua kaki dari dinding jika itu adalah langit-langit standar delapan kaki, atau lebih jauh jika langit-langitnya lebih tinggi. Anda ingin cahaya mencapai tingkat mata di mana karya seni menggantung. Saat kita menggunakan lampu gantung atau lampu plafon semi flush, biasanya di tengah ruangan, seringkali di atas tempat tidur. Jadi kami mencoba untuk tidak menggantungnya terlalu rendah – biasanya 20 hingga 12 inci dari langit-langit. Saya suka menggunakan lampu yang cukup besar – filosofi saya adalah bahwa elemen yang lebih sedikit dan lebih besar memiliki dampak yang lebih besar dalam desain modern. Saya tidak menggunakan banyak ukuran kecil atau standar. Bagi saya, mereka tampaknya berbaring datar atau terlihat seperti tchotchkes. Saya lebih suka hal-hal dengan kehadiran dan ukuran dan skala.

Apakah simetri penting dalam pencahayaan kamar tidur?

Cahaya harus seimbang dan ditumpangkan. Saya suka beberapa jenis perangkat. Misalnya, saya bisa meletakkan lampu lantai di sebelah kursi santai, lampu meja di kedua sisi tempat tidur, dan lampu hias di laci. Saya selalu mencoba untuk memiliki sesuatu dengan bayangan untuk menambahkan cahaya hangat secara keseluruhan. Juga merupakan sumber pencahayaan tidak langsung – cahaya yang dipantulkan oleh sesuatu – apakah lampu dinding yang memantulkan cahaya kembali ke dinding, pencahayaan teluk yang menyerempet langit-langit atau fitur arsitektur, atau lampu gambar atau tempat untuk karya seni. Tujuannya adalah untuk mengarahkan pandangan Anda ke seluruh ruangan, bukan hanya untuk fokus pada tempat tidur. Membawa cahaya ke sudut yang berbeda membuat ruangan tampak lebih besar dan lebih seimbang. Tujuannya bukan ruangan yang menyala seragam

Untuk suasana keseluruhan yang hebat, saya akan menggunakan kombinasi jenis lampu berikut: Saya akan meletakkan lampu lantai di sebelah kursi santai di sudut dan menggantung lampu gantung sekitar 18 hingga 24 inci dari langit-langit sebagai bagian pernyataan. Saya akan melengkapi ini dengan sepasang lampu samping tempat tidur.

Saat ini, banyak kamar tidur lebih dari sekedar tempat untuk tidur – mereka juga tempat untuk bekerja, membaca, dan berkumpul dengan keluarga. Bagaimana pencahayaan dapat membantu mengakomodasi semua aktivitas ini dalam satu ruangan?

Kuncinya adalah menciptakan fleksibilitas dan mampu mengontrol intensitas cahaya. Jadi kalau ada yang mau tidur dan ada yang mau kerja, ini bisa diperhitungkan. Alih-alih lampu langit-langit yang besar, gunakan pencahayaan yang berbeda di setiap area. Di meja, gunakan lampu kerja serta beberapa pin di atas kepala untuk menerangi seluruh ruangan. jadi Anda punya pilihan.

Apa yang harus Anda perhatikan ketika memilih pencahayaan samping tempat tidur?

Jika lampu baca Anda adalah lampu meja pastikan Anda memilih warna terang. Warna hitam atau abu-abu gelap mungkin terlihat keren, tetapi jika tidak bersinar dalam cahaya, Anda tidak akan dapat membacanya. Jika Anda seorang pembaca yang serius, pilihlah lampu kerja lengan putar yang dapat disesuaikan baik secara vertikal maupun horizontal untuk fleksibilitas maksimum. Namun, jika Anda tidak banyak membaca atau hanya membaca di iPad, cahaya tajam kurang penting, jadi Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih pahatan, seperti lampu kaca yang ditiup bercahaya. Cahaya lembut di malam hari akan menenangkan dan sangat hangat.

Apa alternatif yang baik untuk lampu meja untuk penerangan di samping tempat tidur?

Terkadang kita menggantung liontin di atas meja samping tempat tidur – itu adalah pilihan yang baik, terutama untuk ruangan yang lebih kecil, karena tidak memakan tempat di atas meja. Namun, ini dimaksudkan untuk penerangan suasana hati daripada membaca.

Apa yang harus dihindari orang saat menyalakan kamar tidur?

Hanya memasang soket overhead – atau terlalu banyak – adalah kesalahan umum. Ini menghaluskan segalanya, tidak ada dimensi, dan itu tidak menyanjung – Anda terlihat lebih tua dan lebih lemas.

Bagaimana dengan lampu dinding di kamar tidur?

Saya suka lampu gantung untuk membaca. Terkadang saya menggunakan lampu dinding untuk mengapit pintu atau fitur arsitektural, seperti dinding di antara dua jendela. Mereka dapat digunakan di sepanjang lorong yang mengarah dari kamar tidur ke kamar mandi. Lampu dinding yang lebih sculptural dapat berdiri sendiri sebagai elemen desain yang kuat dalam sebuah ruangan.

Bagaimana Anda memasukkan pencahayaan modern ke dalam kamar tidur yang lebih tradisional?

Itu tergantung pada campuran. Anda memiliki dua pilihan: baik memilih potongan pernyataan besar – lampu modern di tengah ruangan yang memiliki ukuran dan kehadiran dan jelas merupakan anomali yang melanggar aturan. Atau perkenalkan beberapa lampu modern untuk menciptakan ritme dan melatih mata bahwa pengenalan bahasa desain baru ini disengaja dan bukan kesalahan atau peninggalan yang sepi. Bahan alami bekerja paling baik, yang memiliki tekstur dan ketidakteraturan seperti kayu, pualam, batu alam, logam dengan patina, dan linen. Chrome dan kaca putih dapat terlihat dingin di lingkungan seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *