11 Ide Tata Ruang Ruang Tamu Yang Maksimal

4 min read

11 Ide Tata Ruang Ruang Tamu Yang Maksimal

Mencari ide tata ruang ruang tamu terbaik untuk memaksimalkan ruang tamu baru Anda? Atau mungkin hanya mencoba membuat ruang Anda saat ini terlihat lebih besar? Apa pun motif Anda untuk menangani tata letak ruang tamu Anda, itu adalah ruangan yang mungkin paling sering Anda gunakan, jadi memperbaikinya sangat penting. 

Tata letak ruang tamu yang sempurna adalah yang sesuai dengan gaya hidup Anda, apakah Anda menginginkan area untuk menghibur, ruang yang tenang dan terisolasi untuk bersantai, atau ruang multi-fungsi yang dapat disesuaikan dengan situasi apa pun yang dibutuhkan. Anda akan terkejut betapa banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk mengatur ruang tamu Anda. Ada banyak hal selain mendorong semua furnitur Anda ke dinding dan mengarahkannya ke sofa, dan ruang-ruang ini membuktikannya. Jadilah sedikit lebih berani dalam konfigurasi ruang tamu Anda…

1. Pilih antara denah terbuka, denah rusak, atau ruang tamu saja

Jika Anda mempertimbangkan untuk memperluas rumah atau merobohkan dinding, mungkin ruang tamu Anda setidaknya sebagian terbuka untuk ruangan lain. Ini membutuhkan sejumlah analisis diri, jadi pikirkan tentang bagaimana Anda akan tinggal di kamar, dan sejauh mana Anda ingin tempat perlindungan terpisah untuk melarikan diri dari kehidupan rumah tangga. Anda mungkin ingin mengisolasi ruangan untuk orang lain. Misalnya, ruang terpisah dapat menjadi ruang di mana remaja dapat menonton TV dan bermain game komputer dengan teman-teman mereka sementara orang dewasa tetap tidak terganggu di dapur atau ruang makan.

Di sisi lain, Anda mungkin ingin menciptakan ruang yang lebih terbuka di mana dapur, ruang makan, dan ruang tamu saling tumpang tindih. Tata letak ini sering memungkinkan lebih banyak interaksi keluarga dan dapat bermanfaat untuk membuat seluruh ruang tampak lebih besar. Pelajari lebih lanjut tentang membuat dapur terbuka di panduan kami. 

Seringkali, solusinya adalah kombinasi keduanya, di mana kamar-kamar telah dihubungkan dengan mengetuknya, tetapi masih memiliki ruang tamu yang ditentukan. Pintu ganda, pintu lipat atau bahkan pintu geser besar dapat memberikan opsi untuk menghubungkan atau menutup area. Lihat ide pintu lipat dan pintu geser kami untuk lebih banyak inspirasi. Cari tahu lebih lanjut tentang membuat ruang denah terbuka di panduan kami:

2. Temukan titik fokus ruang tamu Anda

Bagaimana Anda ingin menggunakan ruangan akan menentukan titik fokusnya. Tata letak ruang tamu biasanya ditentukan oleh tempat TV ditempatkan, tetapi sering kali Anda tidak menginginkannya menjadi fokus utama, kecuali untuk tujuan utama ruangan tersebut. Cukup sering, ruang keluarga berfungsi ganda sebagai ruang bioskop rumah, jadi jika itu yang Anda cari, buat fitur TV. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menjadikan perapian sebagai titik fokus dalam tata ruang ruang tamu Anda dengan cermin atau karya seni di atas rak perapian. Ini sangat efektif di ruangan di mana Anda tidak benar-benar memiliki teknologi apa pun. Jika ruang tamu Anda untuk bersantai dan membaca, atau mendengarkan musik, maka memiliki focal point seperti perapian akan menambah nuansa menenangkan.

3. Lakukan tata letak yang seimbang 

Jika Anda menginginkan tata ruang ruang tamu yang lebih formal, simetri adalah cara yang tepat. Ini sangat memuaskan secara visual dan bekerja dengan sangat baik di ruang yang lebih kecil di mana penting untuk memberi ruang pada furnitur Anda untuk bernafas untuk menghindari perasaan yang berantakan

Anda dapat menciptakan tampilan ini baik dengan dua sofa dan meja kopi di antaranya atau sedikit seimbang dengan sofa yang menghadap dua kursi berlengan. Anda sebaiknya memasang TV sehingga dapat dilihat dari kedua sisi ruangan, tetapi ingatlah bahwa Anda harus memutar untuk menonton, jadi tata letak ini mungkin paling cocok untuk ruangan di mana TV tidak memilikinya. menjadi fokus. 

4. Cari sesuatu yang lebih fleksibel 

Anda dapat menciptakan ruang tamu yang lebih santai dan santai dengan menghindari tampilan simetris dan menghiasi furnitur Anda sedikit lebih acak di sekitar ruangan. Letakkan sofa Anda memanjang dengan meja kopi di depan, karena itu masuk akal, tetapi kemudian letakkan kursi, bangku, dan bahkan meja kecil yang tidak serasi di ruang yang berlawanan. 

5. Lihatlah cahaya alami saat memilih tata ruang ruang tamu

Jika Anda memiliki pemandangan indah dari jendela di ruang tamu Anda, mengubahnya menjadi fokus ruangan adalah solusi tata letak ruang tamu yang brilian. Sekali lagi, ini adalah ide bagus untuk kamar yang dikhususkan untuk bersantai, dan tidak duduk di depan TV. Ini adalah pilihan yang baik jika ruang tamu Anda berada dalam perluasan rencana terbuka, dan Anda telah membangun jendela besar untuk membanjiri ruang dengan cahaya. 

Di mana Anda memposisikan furnitur juga akan tergantung pada pilihan titik fokus Anda. Jika jendela besar yang menghadap ke taman adalah titik fokus utama, tempat duduk harus ditempatkan untuk menikmati pemandangan, sehingga menciptakan ruang yang nyaman untuk bersantai.

6. Biarkan furnitur Anda menjadi fokusnya

Terakhir, jika Anda akan berinvestasi dalam furnitur cantik dalam desain ruang tamu baru Anda, tidak ada alasan bahwa ini tidak dapat menjadi fokus ruangan. Letakkan furnitur dengan cara yang mendorong interaksi antara anggota keluarga. Tentukan sudut yang cukup terang untuk kursi berlengan Anda yang sempurna, lalu ketika orang memasuki ruangan, mereka akan melihat perabotan di atas hal lain.

7. Jangan hanya mendorong semuanya ke dinding 

Ada kecenderungan umum, saat mendesain tata ruang ruang tamu, untuk mendorong semua perabotan Anda ke dinding. Tetapi upaya untuk mengklaim kembali beberapa inci yang berharga itu sering kali memiliki efek yang merugikan. Alih-alih, salin ide tata ruang ruang tamu ini dan tarik sedikit furnitur Anda dari dinding, ciptakan ruang di sekitar bagian luar ruangan, dan kelompokkan di sekitar meja kopi tengah.

8. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan bergerak di sekitar ruang

Setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan fokus ruangan, Anda dapat memikirkan fungsionalitas tata letak ruang tamu Anda. Bagaimana orang akan bergerak masuk, keluar, dan di dalam ruang? Ini akan membantu Anda memutuskan di mana yang terbaik untuk menempatkan furnitur.

Jika ruangan berfungsi ganda sebagai jalur utama menuju taman atau merupakan ruang di mana orang akan bepergian antara dapur dan ruang makan, Anda dapat menggunakan rak terbuka atau unit penyimpanan sebagai tirai untuk memisahkan sebagian.

Atau, mengapa tidak mempertimbangkan zonasi ruangan (menggunakan posisi furnitur) untuk menentukan rute sirkulasi yang tidak melewati area tempat duduk atau TV? Misalnya, di ruang tamu terbuka, Anda dapat memilih untuk menggunakan furnitur untuk menggambarkan area ruang tamu. Sofa, terutama jika berbentuk L, dapat digunakan secara efektif untuk menandai batas ruang tamu.

9. Rencanakan penyimpanan ke dalam tata letak Anda

Ingatlah untuk mempertimbangkan solusi penyimpanan ruang tamu dalam desain Anda. Bangku atau tempat duduk di sepanjang salah satu dinding ruang tamu Anda dapat menggabungkan penyimpanan DVD dan gadget hiburan rumah, sambil menyediakan tempat duduk tambahan.

Jika Anda menginginkan desain kontemporer di rumah bergaya Victoria atau Edwardian, alas berlapis batu sekitar 45cm di atas permukaan lantai di seluruh dinding perapian, dengan penyimpanan di bawahnya untuk kayu gelondongan dan kayu bakar, dapat berfungsi sebagai perapian untuk perapian kontemporer. perapian tersembunyi.

10. Pertimbangkan juga pencahayaannya

Sebuah ruang tamu dapat memiliki banyak fungsi yang berbeda, jadi kunci dari pencahayaan ruang tamu yang baik adalah variasi dan variabilitas. Dengan pencahayaan buatan, misalnya, seringkali berguna untuk memiliki beberapa sumber cahaya yang berbeda. Mengontrol banyak dari ini pada sakelar peredup atau sistem pencahayaan akan memungkinkan Anda untuk mengatur pencahayaan tugas atau suasana hati yang sesuai di zona yang berbeda.

Menggunakan sirkuit cincin 5A (yang akan membutuhkan soket pin 5A, dirancang untuk pin bulat kecil) dapat memungkinkan Anda untuk mengoperasikan beberapa lampu meja dan lampu berdiri lantai di sekitar ruangan dari sakelar lampu atau dimmer, yang bisa efektif dan efisien.

Lampu bisa menjadi fitur desain yang sangat bergaya. Lampu gantung dapat terlihat mencolok di ruangan simetris tradisional dengan dada cerobong asap, sedangkan lampu berdiri lantai lengkung bertangkai panjang dapat menjadi fitur visual dan memiliki fleksibilitas posisi. Untuk tips lebih lanjut tentang pencahayaan ruang tamu, baca panduan kami. 

11. Ruang tamu kecil? Faktorkan cermin ke dalam tata letak Anda 

Kejutan, kejutan, cermin membuat ruang kecil terasa lebih besar, jadi saat mendesain tata letak ruang tamu kecil pastikan Anda memperhitungkannya. Sebenarnya, jadikan cermin sebagai fokus utama dari rencana Anda. Kami merekomendasikan untuk memulai dengan cermin besar di dinding yang berseberangan dengan jendela karena ini akan memantulkan lebih banyak cahaya ke sekeliling dan menciptakan ilusi bahwa ruangan lebih besar.

Jika jendela Anda berada di sisi yang lebih kecil atau Anda tidak ingin mengandalkan cahaya alami, coba letakkan cermin tinggi di belakang furnitur atau lampu untuk menciptakan trik visual ruangan lain yang terbuka di luar. 

Untuk kiat lebih lanjut tentang cara membuat ruangan kecil terasa lebih besar, kunjungi fitur khusus kami. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *